Berbinis Susu Sari Kedelai

Peluang Usaha Minuman Sari Kedelai

Siapa yang tak kenal sumber protein nabati satu ini? Di berbagai etalase toko modern, susu ini sudah sangat mudah dijumpai. Konon, susu ini sudah dibuat di negeri Cina sejak abad II sebelum Masehi. Dari sana kemudian berkembang ke Jepang dan setelah Perang Dunia II merambah ke Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Meskipun susu kedelai memiliki kadar protein dan komposisi asam animo yang hampir sama dengan susu sapi, tapi susu kedelai tidak mengandung kolesterol sama sekali. Dari segi harga pun sangat kompetitif dengan susu sapi. Proteinnya, hampir sama antara susu sapi dan susu kedelai. Dua gelas susu kedelai sudah dapat memenuhi kebutuhan 30% kebutuhan protein setiap hari.

Karenanya, banyak kalangan menilai susu kedelai sangat bagus untuk kesehatan. Secara umum susu kedelai mengandung vitamin B1, B2, dan niacin dalam jumlah yang setara dengan susu sapi atau ASI. Serta mengandung vitamin E dan K dalam jumlah yang tidak sedikit. Manfaat lain, sebagai penghambat osteoporosis. Di dalam kedelai mengandung senyawa alami mirip esterogen yang disebut fitoestrogen. Senyawa inilah yang akan menghambat osteoporosis. Maka tidak heran jika orang yang sadar kesehatan lebih memilih susu kedelai. Atau mereka yang alergi dengan susu sapi karena tidak kekurangan enzim lactase dalam saluran pencernaannya, sehingga tidak bisa mencerna laktosa dalam susu sapi. Karena itulah, kini banyak orang memburu susu kedelai. Hal ini tentu menjadi peluang usaha tersendiri karena penyedia produk ini belum banyak.

Perhitungan Biaya produksi dan Laba Penjualan

Harga susu kedelai Rp. 1000,- / 250 ml atau Rp. 6000,- / 1.5 liter.

Daftar harga produksi:

Harga kedelai mentah : 1 ons = Rp. 750 ( Rp. 7500 / kg)

Harga gula pasir : 100 gram = Rp. 600 (Rp. 6000 / kg)

Harga esense red bell : 5 ml = Rp. 200 ( Rp 2200 / 55 ml)

Harga air isi ulang : 1,5 liter = Rp. 250 ( Rp 3000 / 19 liter )

Biaya listrik 400 watt : Rp. 540 x 400 watt x 15 / 60 menit

————————————— = Rp. 54

1.000

Jadi biaya Produksi 1,5 liter = 750+600+200+250+54 = 1.854

Keuntungan 1,5 liter susu kedelai adalah : Harga Jual – Harga Produksi

= Rp. 6.000 – 1.854

= Rp. 4.146

Jika 1 hari produksi 10 x 1,5 liter ( 1 kg kedelai) maka keuntungan yang didapat :

  • 10 x Rp. 4.146 = Rp. 41.460 / hari
  • Atau Rp. 1.243.800,-

Tunggu apa lagi, segera beli mesin susu kedelai otomatis ini

Siapa Konsumen Sari Kedelai???

  • Kelas Atas

Rumah Makan, Rumah Sakit, Fitness Centre/senam, kampus, kantor, supermarket, mall, perumahan elit dan lain lain.

Untuk pemasaran kelas atas kemasan sebaiknya pakai botol aqua (plastik) ukuran 330 ml, 500 ml, 600 ml, 1500 ml dan harus pakai air gallon (orang berduit harga tidak jadi masalah asal terjamin rasa, kebersihan dan kesehatan).

  • Kelas Bawah

Sekolah TK s/d SMA, pabrik, depot, warung, pasar, kaki lima, kampong dan lain-lain.

Untuk kelas bawah kemasannya pakai kantong plastik diikat karet dan airnya cukup dari PDAM.

Untuk pemasaran yang cepat dan sukses, selain pakai brosur yang lebih penting adalah memberi tester secara gratis (makin sering promosi makin banyak orang tahu sehingga nantinya semakin banyak orang tertarik untuk membeli).

Lebih Awet Tanpa Bahan Pengawet

Salah satu ciri kekurangan susu kedelai murni (tanpa bahan pengawet) adalah gampang rusak bila didiamkan dalam beberapa jam (5-6 jam) bahkan bisa kurang dari itu. Salah satu penyebab mengapa susu kedelai gampang rusak adalah dalam proses kurang dijaga kebersihannya juga bahan yang digunakan untuk mengolahnya.

Berdasar pengalaman ternyata kualitas air sangat berpengaruh terhadap tahan lama tidaknya susu kedelai bertahan tidak gampang rusak. Beberapa tips untuk menambah rentang waktu ketahanan susu kedelai:

  1. Cuci rendaman kedelai sampai betul-betul bersih dengan beberapa kali aduk, sedikit remasan dan bilas berkali-kali sampai air yang menggenanginya kelihatan jernih.
  2. Gunakan air bersih yang tingkat pencemarannya minimal untuk memasak susu kedelai. Mengolah susu kedelai dengan berbahan air PAM (daerah Surabaya) ternyata hasilnya കുരന്ഗ് bagus, 4 jam didiamkan sudah rusak dengan ditandainya susu kedelai mengental terpisah dengan airnya. Sekedar info: air PAM di Surabaya tergolong jelek ടാണ്ടാന്യ jika ditampung dalam bak mandi dalam beberapa hari bisa keluar jentik ulat (jawa: uget-uget).
  3. Alternatif bisa gunakan air galonan (depo isi ulang) yang sudah banyak bertebaran dimana-mana. Pilih yang benar-benar airnya berasal dari sumber mata air pegunungan. Akan tetapi perlu di perhatikan juga air galonan terkadang kurang bagus disaat musim penghujan karena tampungan sumber mata airnya sudah tercampur/kontaminasi dengan air hujan.
  4. Bisa menggunakan air galon bermerk spt. Aqua, Total atau Cleo (banyak dijual di Indomaret) /Fikura. Menggunakan air bermerk yang disebut terakhir (Clxx / Fixxx) ternyata daya awet susu kedelai lebih panjang dari merk-merk lainnya (bisa sampai 10-12jam).
  5. Masukkan susu kedelai dalam kulkas agar tahan lama. Dalam satu kasus saya mengolah menggunakan air isi ulang dan hasil susu kedelai saya masukkan ke pendingin/kulkas bisa tahan 2 hari. (bila air jelek maka maksimal cuma tahan 1 hari di kulkas).
  6. Bila terpaksa (tidak disarankan), tambahkan bahan pengawet buatan yang diperbolehkan.

Demikian beberapa tips yang saya dapatkan untuk menambah daya tahan dari susu kedelai. Bila ada info lain selain diatas silahkan informasikan ke saya. Semoga bermanfaat.

Tags: ,

About mesinsusukedelai

Kami, Garuda Machinery (agenmesin.com) adalah produsen dan distributor mesin-mesin Teknologi Tepat Guna yang meliputi mesin-mesin makanan, Pertanian, Pengemas, dan Industri yang saat ini mengoperasikan kantor dan workshop di Kota Malang Jawa Timur. Dengan bekal pengalaman kami tentang mesin-mesin teknologi tepat guna, kami melayani pemesanan, pembuatan dan rekayasa mesin teknologi tepat guna baik lokal maupun impor. Disamping itu, Kami juga melayani jasa konsultasi teknologi dan rancang bangun berbagai unit proses pengolahan pangan dan hasil pertanian untuk pengembangan industri rumah tangga dan usaha kecil menengah (UKM), baik dari instansi pemerintahan, perusahaan swasta, perorangan, sub kontrak, dan tender. Kami menjual aneka produksi alat dan mesin hasil pertanian (skala usaha kecil menengah sampai industri). Contoh dari mesin-mesin yang kami buat antara lain mesin penggoreng hampa (vacuum frying) untuk membuat keripik buah, mesin perajang, unit mesin biodiesel, mesin spray drier skala lab, mesin untuk membuat es krim (ice cream machine), mesin evaporator vakum, mesin pembuat sari buah, mesin pengering / dryer, dll. Anda bisa langsung order mesin-mesin yang Anda butuhkan melalui hotline service di situs ini atau datang langsung ke kantor kami. Staff kami akan dengan senang hati melayani Anda dan memberikan solusi atas setiap masalah yang Anda hadapi. Kami juga melayani jasa konsultasi teknologi dan rancang bangun berbagai unit proses pengolahan pangan dan hasil pertanian .

One response to “Berbinis Susu Sari Kedelai”

  1. Mr WordPress says :

    Hi, this is a comment.
    To delete a comment, just log in, and view the posts’ comments, there you will have the option to edit or delete them.

Leave a comment